Thursday, March 24, 2016

YANG SERU DI MAKASSAR (1): LAE-LAE



Ini  menjadi perjalanan tugas kantor yang menyenangkan karena bisa disisipkan wisata kuliner yang seru-seru. Terlebih karena lokasi hotel Best Western Plus Makassar Beach, tempat kami menginap dekat Pantai Losari dan Kawasan Kuliner Makassar. Ehemmm. 




Hari pertama di Makassar, tujuan kami ke Lae-lae di Jalan Datu Museng. Masih teringat kunjungan pertama ke sini, bertahun-tahun silam. Tempat makannya terbatas dan sebagian tamu duduk di dalam bagian rumah. Restoran besar di seberangnya yang menyajikan makanan serupa, menjadi kompetitor nyata. Ah, tapi itu dulu. Sekarang restoran besar di seberang Lae-lae tampak sepi. Lae-lae sendiri sudah mengalami perubahan. Areal makannya menjadi lebih luas, dengan penampakan terbuka. Dua tandan pisang tergantung di dekan pintu masuk, seperti dulu juga. Eh, yang dinamakan pintu masuk itu sebenarnya pintu pagar.






Pesanan kali ini agak-agak kalap. Dua ekor ikan, cumi dan telur ikan plus sayur-sayur untuk kami berempat. Ikan bakar dan goreng. Yang pertama kali muncul setelah air minum adalah sambal. Tiga jenis sambal untuk setiap tamu disajikan dalam tiga mangkok alumunium di atas baki plastik. Ada sambal tomat, terasi dan satu lagi sambal yang terasa tauco.






Pesanan selanjutnya yang tiba di meja sayur, berikutnya baru pesanan utama. Aroma ikannya meruap kemana-mana, terlebih karena tamu-tamu lain juga pesan menu yang serupa. Tentu saja! Di Lae-lae ini sajian utamanya ikan dan sahabat karibnya. 






Cumi asam manis datang dengan aroma yang berbeda. Cumi yang telah digoreng dituangi saos asam manis yang terasa sarat  jeruk, menambah segar rasa makanan ini. Sayang, perlu sedikit perjuangan untuk mengunyah cumi ini.  






Telur ikan diolah dengan potongan cabe, tomat dan bawang. Satu porsi bisa dinikmati beramai-ramai. Agak berjuang kami menghabiskan makanan yang ada. Hingga akhirnya, telur ikan, kangkung dan sambal yang tersisakan.








Kapan punya kesempatan ke sini lagi?

2 comments:

  1. I miss you Sister <3 yg jalan2 ke surabaya ditulis di sini jg ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu tinggal tunggu jadwal terbit. Hehehe
      Miss you, Lia :)

      Delete