Wednesday, January 14, 2015

SQUIRREL AND FRIENDS

Bermula dari tahun 2012 ketika editor majalah C'nS Junior menanyakan kesediaan untuk menulis naskah komik. Diskusi yang terjadi selanjutnya begitu ringan. Walau fabel ditentukan oleh pihak majalah, saya mendapat kesempatan memilih tema dan tokoh. Pilihan tema pertama naik (sudah terlalu mainstream menggunakan kata jatuh) pada hubungan pertemanan. Tema itu disetujui setelah mendapat penjelasan mengenai bentuk hubungan pertemanan yang saya maksud. Tentu saja enggak akan muncul kisah pergalauan yang bisa mempertebal ketombe dan memutihkan panu. Selanjutnya, saya menentukan tokoh untuk komik tersebut. Saya langsung teringat tupai. Pernah sekali waktu menyaksikan lima tupai yang sedang kejar-kejaran di dahan mangga di Batu Lawang, daerah perkebunan di Banjar. Saking banyaknya tupai di pohon mangga itu, saya sempat berharap menemukan kerajaan tupai di situ.

Tiga naskah dan panduan ilustrasi dikirim. Hanya dalam hitungan hari, editor memberi komentar atas naskah tersebut. Baik, naskah tersebut diperbaiki. Selang beberapa minggu saya dikirimi contoh ilustrasi. Wow! Penggambaran setiap tokoh jauh lebih baik dari yang saya bayangkan. Komentar saya kala itu: SUKA. Emang gambarnya bagus. Tokohnya dibuat ginuk-ginuk.

Majalah C'nS Junior edisi February 2012 menjadi awal munculnya cerita Squirrel and Friends. Sejak itu, cerita ini terbit di setiap edisi (sekali tidak terbit karena adanya keterlambatan proses). Sejak itu pula, ilustrasi naskah dikerjakan oleh Adit Galih, yang karyanya juga mempercantik buku-buku terbitan luar negeri.


Terima kasih banyak atas kesempatan menulis naskah dan bantuan ilustrator, staf editor yang memperganteng naskah ini. Kini Squirrel and Friends memasuki tahun kelima. Semoga disukai pembaca. :)
 

No comments:

Post a Comment