Thursday, January 1, 2015

KUDUS: RM Sari Rasa

Saya dan Tari, teman jalan di Kudus, datang ke rumah makan yang terletak di Jalan Agil Kusumadya no. 20 ini ketika jam makan siang telah lewat. Pelayan masih sibuk membereskan meja yang bekan digunakan tamu sebelumnya. sisa makanan berceceran tidak hanya di meja tapi juga di lantai. Agak-agak gimana melihat pemandangan seperti itu.


Ruangan yang besar tanpa penyekat, memudahkan tamu memanggil pelayan dan segera melihat ketika pesanan datang. Saat itu, garang asem daging ayam incaran kami habis, yang tersisa jerohan. Selain garang asem, rumah makan ini juga menyediakan menu lainnya, seperti tahu telur, soto ayam dan ayam goreng.

Pesanan datang dalam keadaan terbungkus daun pisang, mengepul dan aroma segar tercium jelas. Satu bungkus garang asem ini berukuran besar untuk dinikmati oleh satu orang. Isinya padat, jerohan ayam, potongan tomat muda dan rawit. Kuahnya bening, ada rasa asam dan pedas. Benar-benar menyegarkan. Cocok dimakan di kala cuaca panas atau dingin.


Selagi kami makan, di meja sebelah ada tamu yang baru datang. Mereka memesan garang asem daging ayam dan mendapatkannya. Ternyata, ketika menu dinyatakan habis, itu artinya menu tersebut masih dalam proses pemasakan, belum siap untuk disajikan. Dan tamu bisa saja menunggu. Lain kali, lain kali :D

2 comments:

  1. yummiii..yummiii..mupeng garang asemnyaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum pernah nemu yang seseger ntuh. Seandainya buka cabang di Jak...

      Delete