Tuesday, March 29, 2016

YANG SERU DI MAKASSAR (4): PALLU BASA SERIGALA

Sejak dari Soetta, kami sudah merencanakan makan di tempat ini. Kami semua belum pernah makan di sini dan tahu tempat ini hanya berdasarkan info di internet. Malam kedua, terjadilah hari penentuan itu. Kami dijemput dan diantarkan ke Pallubasa Serigala. Eh, dibayarin pulak :D

Satu teman memastikan bahwa ini bukan daging serigala, mengingat namanya yang pakai nama hewan itu. Mungkin tempat ini dinamakan Pallubasa Serigala karena terletak di Jalan Serigala,  suatu daerah di Makassar yang nama-nama jalannya menggunakan nama hewan. Kuliner lainnya yang terkenal di sekitaran sini, Coto Makssar Jalan Gagak, disebut juga Coto Gagak.



Baru di ujung jalan, kami sudah melihat deretan mobil yang diparkir di kiri dan kanan jalan. Ini jadi pertanda tempat makan yang dituju tidak jauh dari kerumunan mobil itu. 

Areal makan cukup luas, dengan meja dan kursi yang terbuat dari kayu. D sebelah belakang ada gerobak tempak juru masak menyiapkan pesanan.




  
Pelayan yang menghampiri meja kami tidak menunjukkan menu, tapi langsung menanyakan pesanan. Untungnya ada teman yang penduduk Makassar dan hapal dengan menu yang ada. Mereka membantu memesankan. Saran mereka pallubasa pakai telur. Kami mah patuh. 

Pesanan datang cepat. Ternyata telur yang dimaksud adalah kuning telur mentah yang dimasukkan ke dalam mangkuk berisi kuah panas. Kuning telur itu mulai sedikit mengeras. Lagi-lagi sang teman menyarankan agar kami mengaduk telur dengan kuah agar tercampur rata. Kamu mah patuh lagi. 


Setelah dikucuri air jeruk nipis, sambal dan sedikit kecap, kuah sup mulai diseruput. Wow, gurih sekali. Serundeng dan air rebusan daging pastinya yang membuat kuah ini menjadi sangat gurih. Air jeruk nipis menambah kesegaran rasa. Jempol.

Dalam waktu sekejap, hidangan ini tamat. Pantas saja cepat selesainya, mangkuknya terlalu imut untuk ukuran sup enak seperti ini.

Kapan ya ke sini lagi?






No comments:

Post a Comment