Thursday, November 13, 2014

MANADO: Nasi Kuning Saroja

Susahnya mencari makanan halal di Manado, sangat banyak terobati ketika menemukan RM Nasi Kuning Saroja yang berada di Jalan Diponegoro, tidak jauh dari Hotel Sahid Kawanua. RM ini berdiri sejak tahun 40-an, begitu yang tertulis di papan nama rumah makan.

Menu utama sudah pasti nasi kuning khas Manado yang dipenuhi suwiran ikan cakalang, kering kentang, sambal dan lauk lainnya. Pagi itu, menjelang jam 8, sudah banyak pelanggan yang datang. Pemiliknya yang muslim dan ramah mengantarkan saya melihat dapur.

Beberapa orang masih sibuk mengolah nasi kuning. Satu hal yang menjadi catatan saya, rumah makan ini memiliki dapur yang kering dan bersih. Tidak ada sampah tercecer di lantai. Semua bahan berada dalam panci dan baskom. Seorang ibu dengan penutup rambut, sedang menyiapkan nasi bungkus. Pertama, ia mengambil daun lontar dan mengisinya dengan nasi dan lauk lainnya. Kemudian daun itu diikat dengan ujung daun. Bentuknya unik.

Mari mulai mencicipi nasi kuning Saroja. Nasi itu dibumbui dengan lengkap dan dalam komposisi seimbang. Taburan ikan cakalang menambah rasa gurih. Sambal digoreng dengan minyak yang banyak sehingga harum dan meninggalkan rasa gurih.

Akhirnya, sebelum meninggalkan tempat, saya memesan beberapa bungkus nasi kuning untuk bekal di perjalanan. Ini akan jadi tempat makan yang saya kunjungi saat berada di Manado lain waktu.

No comments:

Post a Comment